Pentingnya Curriculum Vitae (CV) & Portofolio

custom-resume-design.jpg

Hai semuanya, apa kabar? Semoga tetap sehat selalu. 😀
Oke, langsung ke topik kita yakni Pentingnya Curriculum Vitae (CV) dan Portfolio. Mengapa itu penting? Karena begini, setiap perusahaan (sebagian besar) ketika menerima seseorang bekerja, magang, atau PKL tentunya akan meminta CV bahkan Portfolio teman – teman. Tujuannya apa sih? Supaya mereka lebih mengenal baik kamu, skill kamu serta apa – apa aja yang sudah pernah kamu buat selama ini.

Balik ke CV. CV itu apa sih? CV atau Curriculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidup semacam dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya. Di beberapa negara, suatu CV biasanya merupakan hal utama yang dijumpai seorang majikan potensial tentang pencari kerja dan sering digunakan untuk menyaring aplikan (orang-orang yang melamar kerja secara daring) ketika mencari pekerjaan, biasanya dilanjutkan dengan wawancara. Baca lebih lanjut

Belajar Bahasa Pemrograman Secara Interaktif di Internet

belajar-pemrograman-online-interaktif-21

Bahasa pemrograman sebuah salah satu bagian penting di teknologi informasi dan komunikasi. Dengan menggunakan bahasa pemrograman, seseorang dapat membuat solusi dengan memanfaatkan device atau systemyang menjadi tulang punggung di teknologi informasi dan komunikasi. Algoritma dan bisnis proses dapat Anda translasikan menjadi sebuah perangkat lunak agar dapat berjalan di device atau system yang Anda tuju. Anda dapat mengimplementasikan perangkat lunak di device seperti mobile device, embedded device, desktop device, console game, atau microcontoller device. Untuk system biasanya perangkat lunak ditujukan untuk aplikasi webatau server management. Baca lebih lanjut

Tingkatan Seorang Programmer Berdasarkan Skill Level

programmer

Tingkatan atau level seorang programmer bisa dilihat dari skill yang dia miliki dalam menyelesaikan masalah pemrogramannya. Berikut ini, CodePolitan akan membahas tingkatan seorang programmer berdasarkan skill levelnya mengikuti Model Dreyfus. Model Dreyfus adalah model yang digunakan untuk mengelompokan level seseorang berdasarkan bagaimana ia mendapatkan skill kemahirannya melalui instruksi formal ataupun praktis. Pada model ini tingkatan atau skill seseorang dikelompokan menjadi 5, yaitu: Novice, Advance Beginner, Competent, Proficient, dan Expert. Baca lebih lanjut

10 Text Editor yang Free (dan Berbayar) untuk Pemrograman

Screenshot-from-2014-05-26-210539-1080x675

Text Editor merupakan sebuah software yang biasanya digunakan oleh seorang programmer dalam menulis sebuah kode program. Text Editor kadang digunakan juga oleh seorang web designer untuk menciptakan halaman web yang didesain olehnya. Text Editorumumnya hanya mempunyai fungsi untuk menulis kode program dan tanpa disertai compiler yang terintegrasi.

Di dalam sebuah text editor biasanya terdapat beberapa fitur umum seperti syntax highlighting, search dan replace sintaks, memberikan komentar pada sebuah blok kode program, code folding, line number,line marking, snippet, dan lainnya.

Baca lebih lanjut

Hal Lain yang Dapat Dilakukan selain Programming

origami

 

Kalau programmer sudah pasti dong bisa programming dan kadang yang asalnya pekerjaan pun malah jadi hobi. Karena sudah terasimilasi jadi hobi inilah, biasanya programmer merasa nyaman dengan pekerjaannya. Kemampuannya akan selalu terasah ketika menapaki karir seperti mengerjakan proyek atau bekerja di sebuah perusahaan. Kadangkalua programmer yang sudah hobi banget, sehabis pulang kerja atau kuliah pasti ngulik lagi di rumah atau kostannya. Memang bagi kita yang terbiasa programming, merupakan hal yang mempunyai tantangan dan keseruan tersendiri ketika ngulik terhadap suatu bahasa pemrograman, framework, atau library. Tapi bagi orang yang belum tahu programming, semuanya tampak sama saja karena kita selalu duduk di depan komputer dan jari jemari kita selalu menghasilkan bunyi ketak ketik. Baca lebih lanjut

5 Tipe Programmer Dilihat dari Cara Menyelesaikan Masalah

Dunia pemrograman merupakan dunia yang sangat unik, asyik, menarik dan kadang ditemukan hal yang aneh pula. Begitu juga karakter programmer, masing-masing punya tipenya sendiri dalam menyelesaikan proyek pengembangan perangkat lunak. Beberapa ada yang punya lengan yang kuat untuk koding berjam-jam. Sementara lainnya lebih suka ke hal-hal yang non-teknis. Baca lebih lanjut

Kendala Programmer Mobile

Programmer Mobile? ya ini adalah bidang yang lagi gw tekuni, udh hampir 6 bulan ini gw belajar tentang membuat aplikasi di android dan lagi mencoba di Ios,

Bahasa pemrogramannya  menggunakan Java, Visual Studio, Swift, ataupun C (native kalo gak salah) dan itu yang populer, selain itu gw masih belom tau.. Sedangkan platformnya itu ada Windows, Android, Symbian, Mac dan yang lainnya.. Dan berikut Kendalanya.. Baca lebih lanjut