Magang Di Multipolar Technology ( Week 1)

Setelah sebelumnya share tentang kegiatan Magang di Hari pertama yg bisa kalian liat di sini

Kali ini saya akan share kegiatan di Hari Selasa – Jumat 14-17 Juni 2016.

Hari Selasa Kita Mempelajari Tentang Git sama MR wandi

 

Screen Shot 2016-06-21 at 08.13.59

Mungkin Ada yang belum tau apa itu Git?

Ok saya kasih tau sekilas.

Git Kalau dalam Bahasa kita disebut sistem pelacak perubahan pada file dan Git ini banyak sekali Fungsinya. Dengan menggunakan Git, setiap orang dalam sebuah tim dapat melakukan perubahan pada source-code tanpa harus takut terjadi bentrok ataupun kesulitan dalam menggabungkan hasil perubahan yang mereka lakukan. Dengan menggunakan Git, setiap perubahan pada source-code akan terlacak pesan perubahannya, apa saja yang diubah, siapa yang mengubah dan kapan waktunya.

Biasanya dulu sih kalau membuat aplikasi Android kalau perteam gak pernah pake Git, Soalnya cuma 2-3 org doang, jadi kalau mau gabunggin file satu sama lain harus pake airdrop hehe.

OH IYA sebenarnya Fungsi dan Kegunaan Git Masih Banyak . Kalian Bisa mencari sendiri di internet.

 

Lalu Hari Rabu 15 Juni 2016

Setelah Menginstal Git & belajar Git di laptop ku hari sebelumnya ,

Aku mencoba Masukan File Git dari Server pusat Ke Android studio pada hari rabunya

Dan ini contohnya

Screen Shot 2016-06-21 at 08.17.35

Waktu Masuk Tampilan Awal lalu kita mengklik Check out project from version control dan kemudian hasilnya seperti yang ada di atas.

Hari Kamis 16 Juni 2016

Setelah Mendapatkan File dari server, Aku mencoba melihat Kodingan Aplikasi yang Akan dibuat dan BAMMM,

KODINGAN NYA BEDA SAMA YANG WAKTU DI PELAJARI,

Banyak sekali CLASS NYA. Apa AKU BISA?

Lalu pada siang menjelang sore Aku Sama frizar diajak ke ruangan INNOVATION ROOM.

Lalu kita dikasih tau sama Mas Jhon (Ahmad) Kalo Aplikasi yg akan Dibuat Pake MVP atau Model View Presenter ? hah apa itu?

mvp

 

Biasanya Kalo disekolah pakai MVC (Model View Controller) Jadi Kaget Juga.

Nah Apa ITU MVP?

Teknik coding MVP yang baru ini sebenarnya lebih digunakan untuk memisahkan antara logika aplikasi kita dengan tampilan/view dari aplikasi. Jika biasanya logika coding dan pengaturan tampilan kita jadikan satu pada kelas Activity kita, maka dengan teknik MVP ini logika coding pada aplikasi kita ada di sebuah kelas bernama Presenter. Dimana di kelas itu kita akan mengolah data aplikasi kita, yang didapatkan dari entah itu inputan user, web service, atau database. Kemudian setelah diolah pada Presenter, maka data tersebut dikembalikan lagi ke kelas Activity kita yang berfungsi sebagai View untuk ditampilkan.

Adapun lebih jelasnya perbedaan antara MVC dan MVP bisa dilihat pada gambar di atas.

 

Hari Jumat 17 Juni 2016

Setelah hari sebelumnya kita dikasih flowchart tentang LOGIN/REGISTER,

Hari jumat memulai kodingan Login dan REGISTER dan itu Lumayan Rumit,Soalnya Harus sesuai dengan bagan alur tsb,

 

Ok sekian yang bisa saya share, untuk Apa itu aplikasinya saya ngga bisa jelasin detail soalnya terikat kontrak heehe,

Sampai Jumpa di Postingan Berikutnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s