Kendala Programmer Mobile

Programmer Mobile? ya ini adalah bidang yang lagi gw tekuni, udh hampir 6 bulan ini gw belajar tentang membuat aplikasi di android dan lagi mencoba di Ios,

Bahasa pemrogramannya  menggunakan Java, Visual Studio, Swift, ataupun C (native kalo gak salah) dan itu yang populer, selain itu gw masih belom tau.. Sedangkan platformnya itu ada Windows, Android, Symbian, Mac dan yang lainnya.. Dan berikut Kendalanya..

  • Jenis Mobile! Yak, coba liat jaman sekarang handphone bentuknya udah pada kayak apaan .. Dari jaman dulu simple pad yang masih cuma angka 1-9 dan 3 tombol lagi di bawahnya, terus ke QWERTY pad, sampe ke touch screen.. Jangan di pikir itu semua programmingnya sama yah, soalnya semua itu beda.. Misalnya aja antara simpe pad sama qwerty pad.. Kalo aplikasi untuk simple pad dijalanin di qwerty pad, biasanya kalo  ketik huruf “A” di situ,  harus pencet tombol 2 (sama kayak yang ada di simple pad, huruf “A” ada di tombol nomor 2) bukan pencet huruf A yang ada di qwerty pad. Kendala kan? Jadi harus bikin beragam versi sesuai dengan jenis handphone.. Haha..
  • Platform.. Untuk java, kayaknya bisa jalan dimana aja deh ya asal support java aja handphone nya.. Jangan ujug2 lo beli hp yang masih item putih terus lo minta installin aplikasi java! Di sambit remot lu yang ada sama abang2nya! Haha.. Sedangkan untuk Symbian (biasanya file installernya ber-ekstensi *.sis atau *.sisx) hanya bisa berjalan di platform symbian. Begitu juga dengan Windows Mobile, Android, Blackberry dan iPhone.. Semua beda programmingnya.. Kejam ya? Memang! Makanya biasanya perusahaan aplikasi mobile itu menghire banyak programmer.. Padahal aplikasi yang di buat cuma 1, tapi yang ngerjain berapa orang programmer . Ya jelas lah buat banyak platform gitu! Haha..
  • Ukuran Layar! Nahlo kan? Ya, aplikasi harus menyesuaikan dengan ukuran layar.. Kalo misalnya ukuran layarnya 200 x 100 misalnya terus dijalanin di 100 x 50 misalnya, apa jadinya coba? Yang bagian sisanya gak keliatan dong?
  • Certificate. Kalo gak salah sih ya ini juga berpengaruh deh, terkadang ada permasalan dengan certificate ini ketika proses installasi.

sumber : http://erdhee.com/post/14008803601/kendala-yang-dihadapi-oleh-setiap-programmer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s